Sponsors

Tips Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami


Cara Menghilangkan Komedo
Cara Menghilangkan Komedo - Mempunyai wajah mulus tanpa ada jerawat komedo mungkin menjadi impian setiap orang khususnya kaum hawa. Bagaimana tidak, komedo dapat membuat kulit wajah menjadi hitam dengan adanya bintik-bintik hitam tersebut. Terkadang kita merasa gemes melihatnya dan tidak tahan untuk tidak memencet atau menggaruknya, tetapi tanpa anda sadari itu bukannya mengubah keadaan menjadi lebih baik tetapi malah sebaliknya, memperparah keadaan wajah anda. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya sebelum melakukan cara menghilangkan komedo tersebut mengetahui lebih lanjut apa sebenarnya komedo itu. Terkait dengan komedo, Tips-Singkat juga menuliskan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang dapat anda coba.

Komedo, Apakah Itu

Seperti disebutkan di atas, komedo merupakan salah satu permasalahan yang sangat sering dihadapi. Komedo sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Komedo terbuka atau blackhead akan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam/gelap yang merupakan penyumbat pori yang berubah warna karena pengaruh dari oksidasi udara.

Sedangkan komedo tertutup atau whitehead merupakan komedo yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga muncul tonjolan putih kecil.

Penyebab Komedo di Wajah

Itulah tadi dua jenis komedo. Lantas kenapa bisa terjadi komedo? Kebayakan komedo disebabkan karena jumlah sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan. Kenapa bisa terjadi, ini bisa disebabkan karena tidak rajinnya seseorang membersihkan kulit wajah. Selain itu, produk-produk make up yang mengandung minyak juga bisa menjadi faktor munculnya komedo dan sekaligus memperparahnya.

Cara Menghilangkan Komedo

Banyak cara menghilangkan komedo yang ditawarkan, banyak produk di luaran sana yang dapat dengan mudah anda dapatkan. Tetapi di sini, Tips-Singkat akan mengulas beberapa cara alami menghilangkan komedo dan beberapa cara pencegahannya. Hal ini dapat menjadi solusi terbaik sebagai cara cepat menghilangkan komedo selain itu tentunya akan lebih murah dan dapat anda lakukan sendiri di rumah. Simak cara menghilangkan komedo secara alami berikut ini.

Uap air
Anda dapat memberikan uap air diwajah paling tidak seminggu sekali. Cara ini akan memberi anda dua manfaat sekaligus, yaitu menghilangkan komedo dan juga melembutkan kulit wajah anda. Caranya cukup mudah, siapkan air mendidih di mangkuk dan tempatkan wajah anda di atasnya. Untuk mendapat uap yang maksimal, tutup kepala anda dengan handuk. Setelah itu anda bisa menggunakan campuran gula dan madu untuk melakukan scrubbing.

Hindari kosmetik berbentuk krim
Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Anda bisa mencegah timbulnya komedo dengan tidak menggunakan kosmetik yang berbentuk krim. Karena minyak yang terkandung dapat menjadi peluang bagi komedo untuk muncul di wajah anda.

Masker tanah liat bagi kulit berminyak
Bagi yang mereka yang kulit wajahnya berminyak, masker yang berbahan dari tanah liat menjadi solusi terbaik karena dapat mengurangi minyak pada kulit. Kemudian pilih juga masker yang tidak mengandung mint atau bahan yang menyebabkan iritasi lainnya. Selain itu juga pilih masker yang tidak mengandung aroma.

Handuk yang berbeda 
Ini perlu diperhatikan karena jika hanya menggunakan satu handuk kemungkinan timbulnya komedo juga cukup tinggi. Bagi perempuan, sebaiknya sediakan 3 buah handuk, satu handuk untuk badan, satu handuk untuk bagian intim dan satu lagi untuk wajah.

Jeruk nipis untuk menghilangkan komedo
Anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan komedo. Caranya campurkan air jeruk nipis dengan minyak almond dan gliserin. Kemudian oleskan pada komedo. Selain sebagai cara menghilangkan komedo, cara ini juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat.

Menghilangkan komedo dengan putih telur
Untuk menghilangkan komedo dengan putih telur pertama siapkan putih telur dan kocok dengan menambahkan dua sendok makan madu segar. Kemudian oleskan secara merata pada wajah berkomedo. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Menghilangkan komedo dengan lidah buaya
Memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan komedo sangat mudah. Cukup potong lidah buaya dan oleskan pada bagian komedo. Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat menghaluskan kulit wajah.

Komedo karena sarung bantal
Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya ganti sarung bantal secara teratur. Karena mungkin saat anda tidur, produksi minyak yang ada di rambut menempel pada sarung bantal sehingga dapat menjadi faktor timbulnya komedo pada wajah anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami serta beberapa cara pencegahan komedo. Cara yang disebutkan di atas akan memberikan hasil yang maksimal jika dilakukan dengan konsisten. Harap diingat kembali, jangan memencet atau mengeluarkan komedo karena itu akan memperburuk keadaan.